Langkah Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren

Ponpesgo.id – Tuntutan kemandirian ekonomi saat ini tengah gencar dilakukan pemerintah di berbagai lapisan masyarakat Indonesia. 

Kemandirian ekonomi merupakan suatu upaya yang dilakukan agar masyarakat memiliki ketahanan ekonomi terhadap berbagai krisis sehingga tidak bergantung pada pihak luar.

Upaya untuk mewujudkan kemandirian ekonomi juga tengah diwujudkan oleh Pondok Pesantren, salah satunya dengan membangun unit usaha. 

Tidaklah mudah membangun sebuah usaha dengan segala keterbatasan yang ada seperti kurangnya sumber daya manusia pondok pesantren memaksimalkan potensi yang ada, belum terbentuknya struktur organisasi dan delegasi tugas yang jelas, serta kurangnya SDM yang memahami pengelolaan keuangan. 

Untuk menjawab permasalahan tersebut Bank Indonesia bekerjasama dengan Ponpesgo.id PT Syncore Indonesia untuk membantu 6 Pondok Pesantren di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan cara memberikan berbagai pelatihan.

Ke enam pondok pesantren tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda dengan permasalahan yang berbeda, namun perbedaan tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk mewujudkan kemajuan unit usaha. 

Berbagai latihan seperti pembuatan SOP dan SOTK, Bisnis Plan dan Penyusunan Laporan Realisasi Anggaran di selenggarakan di bulan Juni-September 2021, baik secara online maupun offline dan dihadiri oleh seluruh perwakilan unit usaha pondok pesantren.

Selama pelatihan berlangsung, peserta diberikan lembar kertas kerja untuk memetakan portrait unit usaha serta mendiskusikan bersama hasil dari pengerjaan kertas kerja tersebut. Para peserta tampak antusias dalam mengikuti pelatihan, mereka merasa bahwa pelatihan ini memberikan banyak ilmu yang membantu mereka dalam mengembangkan unit usahanya. 

Berikut merupakan beberapa contoh testimoni dari beberapa peserta yang telah mengikuti pendampingan dan program ponpesgo.id

“Alhamdulillah. Sangat menambah wawasan dan membuka pikiran untuk pengembangan ponpes lebih dari yang sudah ada sekarang.” Fahmi- Ponpes Assalafiyyah. 

“Penting untuk mengikuti kegiatan ini karena banyak ilmu yang dapat dipraktikan” Dena-Ponpes Al-Mumtaz

“Dengan pelatihan ini, jadi lebih memahami bagaimana seharusnya mengelola bisnis”  Laily- Ponpes Al-Miftah

“Menyenangkan. Karena pemateri dan tim bisa menyulap materi sulit jadi lebih menarik” Yunita- Ponpes Harapan Ar-Risalah

Apabila tertarik untuk bergabung dalam program Ponpesgo.id bisa langsung bergabung dan mendaftarkan Ponpes masing-masing melalui website https://ponpesgo.id

Tinggalkan Balasan