Pentingnya Pengembangan SDM Pada Unit Usaha Ponpes

Pentingnya Pengembangan SDM di Unit Usaha Ponpes
Proses Pendampingan untuk Ponpes yang telah bekerjasama

Ponpesgo.id – Sebuah bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya campur tangan sumber daya manusianya. Sumber daya manusia merupakan garda terdepan dari sebuah bisnis. 

Oleh karena itu untuk membangun bisnis yang baik diperlukan SDM yang memiliki kapabilitas yang mumpuni agar bisa mencapai tujuan bisnis serta target yang hendak dicapai. 

Pengembangan SDM merupakan sebuah upaya organisasi untuk menciptakan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas dengan memiliki keterampilan, kemampuan serta loyalitas dalam bekerja.

Baca Juga: Pentingnya SOP Bagi Unit Usaha Ponpes

Lalu, bagaimana cara mengelola sumber daya manusia yang baik? Berikut adalah cara yang bisa dilakukan! Check this out!

1. Melakukan Recruitment

Langkah ini perlu dilakukan untuk memperoleh sumber daya manusia yang sesuai dengan klasifikasi dan kebutuhan di unit usaha serta sebagai alat untuk pengembangan dan pembaharuan di unit usaha.

2. Pelatihan

Melalui pelatihan SDM diharapkan dapat membantu individu untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan, pengetahuan serta sikap individu dalam menjalankan tugas dan fungsinya

3. Memberikan Kesempatan Kepada SDM untuk Mengembangkan Ide dan Gagasannya

SDM memerlukan tempat untuk mengembangkan ide dan gagasannya, oleh sebabnya sebuah organisasi seperti unit usaha perlu melibatkan SDM untuk menyalurkan ide sehingga hal ini dapat membantu SDM  untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki.

4. Memberikan Penghargaan

Memberikan penghargaan merupakan salah satu strategi untuk mengembangkan SDM, mengapa demikian? Sebab hal ini mampu berdampak terhadap motivasi dan semangat kerja SDM untuk melakukan serta kinerja SDM.

5. Lakukan Evaluasi Kinerja

Evaluasi kinerja merupakan hal yang penting dalam proses pengembangan SDM. Evaluasi kinerja sendiri merupakan penilaian yang dilakukan secara berkala untuk mengetahui hasil pekerjaan karyawan dan kinerja organisasi. Selain untuk penilaian, evaluasi kinerja juga bisa bermanfaat untuk menentukan langkah strategis sebuah bisnis untuk mencapai target dan tujuannya.

Pengembangan SDM penting untuk meningkatkan daya saing organisasi maupun bisnis, selain itu pengembangan SDM juga bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas sehingga dapat mengurangi turnover karyawan. 

Baca Juga: Pentingnya Digitalisasi Bagi Unit Usaha Pondok Pesantren

Meskipun unit usaha di pondok pesantren merupakan unit bisnis berskala kecil, namun hal ini penting dilakukan untuk membangun stabilitas organisasi.

4 Balasan pada “Pentingnya Pengembangan SDM Pada Unit Usaha Ponpes”

  1. Pingback: Berikut Fakta Pengarsipan di Pondok Pesantren Seringkali Dilupakan - Ponpesgo

  2. Pingback: Perlunya Pelatihan Keuangan untuk SDM Pondok Pesantren - Ponpesgo

  3. Pingback: Keuntungan dan Alasan Kenapa Harus Menjadi Pesantren Entrepreneur di Tahun 2022! - Ponpesgo

  4. Pingback: Standar Penyusunan Laporan Keuangan Unit Usaha Pondok Pesantren - Ponpesgo

Tinggalkan Balasan