Keuntungan dan Alasan Kenapa Harus Menjadi Pesantren Entrepreneur di Tahun 2022!

Ponpesgo.id – Berbicara tentang entrepreneur rasanya sudah tidak asing lagi didengar di telinga kita belakangan ini. 

Entrepreneur adalah kemampuan individu untuk menciptakan, mengelola serta mengembangkan bisnis baru dengan menanggung segala resiko.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil berupa keuntungan finansial maupun non finansial.

Mengingat pentingnya peran entrepreneur bagi kemandirian ekonomi. Saat tidak sedikit instansi pendidikan yang menanamkan pendidikan entrepreneur pada kurikulum pendidikan. 

Baca Juga: Pentingnya Pengembangan SDM Pada Unit Usaha Ponpes

Pendidikan entrepreneurship menjadi salah satu langkah konkrit untuk lebih memberdayakan pesantren.

Selain semangat kemandirian yang sudah menjadi ciri khasnya, penting pula mengajarkan berbagai keahlian dan semangat kewirausahaan kepada para santri.

Agar kelak setelah lulus mereka dapat meneruskan hidup dengan bekerja secara profesional, dalam upaya membangun ekonomi yang berkelanjutan untuk masa depan. 

Pendidikan Entrepreneurship di pondok pesantren dilaksanakan dalam berbagai bentuk misalnya: perkebunan, perikanan, peternakan, keterampilan menjahit, dan kerajinan tangan. 

Adanya bantuan dari instansi terkait, serta motivasi dan visi-misi kyai menjadi faktor pendukung terselenggaranya pendidikan entrepreneur. 

Sedangkan kurangnya tenaga ahli dan pembimbing di bidangnya menjadi faktor penghambat terselenggaranya pendidikan entrepreneurship di pesantren.

Pendidikan Entrepreneur merupakan sebuah solusi yang tepat bagi mereka yang ingin belajar memulai sebuah bisnis. 

Karena didalamnya mengajarkan tentang bagaimana menjadi seorang entrepreneur yang hebat, bermartabat dan mempunyai iman yang kuat. 

Karena sekarang pendidikan Entrepreneur tidak hanya berada di dalam pendidikan yang berbasis sekolah saja, tetapi banyak juga dari pondok-pondok pesantren yang didalamnya mengajarkan tentang bagaimana cara menjadi seorang entrepreneur yang sebenarnya. 

Santri tidak hanya diajarkan untuk mengkaji sebuah kitab kuning maupun cara membaca Al-Quran saja. 

Baca Juga: Pentingnya SOP Bagi Unit Usaha Ponpes

Akan tetapi di pondok santri juga diajarkan pula bagaimana cara mencari penghidupan untuk bekal hidup di masyarakat nanti. 

Sehingga di masyarakat nantinya mereka tidak kebingungan apabila ingin memulai sebuah usaha yang ingin dikembangkan dan sesuai dengan kemampuannya.

Tinggalkan Balasan