Wajib Tahu! Pentingnya Cek Kesehatan Usaha Ponpes

Wajib Tahu! Pentingnya Cek Kesehatan Usaha Ponpes

Ponpesgo.id – Perkembangan pondok pesantren saat ini tidak hanya berkiprah sebagai pusat pendidikan dan penyiaran ajaran agama Islam saja. 

Untuk mewujudkan kemandirian ekonomi sudah banyak pondok pesantren yang merambah untuk mulai berbisnis. 

Kebanyakan pesantren mengembangkan bisnis untuk memenuhi kebutuhan pokok santri dan sebagai salah satu sumber pendapatan yang dapat digunakan.

Selain itu untuk pembangunan sarana dan prasarana pembelajaran santri. 

Lalu apakah sebenarnya unit usaha pondok pesantren tersebut masuk dalam kategori “sehat” untuk dijalankan? Seberapa penting kesehatan usaha untuk diketahui?

Kebanyakan unit usaha pesantren dijalankan tanpa melihat kondisi kesehatan bisnisnya.

Jika hal ini terus terjadi maka lambat laun akan menjadi kendala bagi pengelolaan bisnis pesantren. 

Penting bagi pengelola bisnis untuk mengetahui ini untuk memudahkan mereka dalam mengetahui kebutuhan bisnis serta menentukan strategi pengembangan bisnis.

PonpesGO.id sebagai sebuah lembaga yang memiliki tujuan untuk mewujudkan Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren memiliki strategi khusus untuk membantu seluruh pondok pesantren di Indonesia.

Salah satunya melalui Cek Kesehatan Usaha (CKU) Ponpes secara GRATIS atau CKU yang merupakan sebuah alat untuk mengetahui sejauh mana bisnis pesantren berkembang. 

Tidak hanya itu melalui CKU kita juga bisa mengetahui kelas unit bisnisnya apakah termasuk kedalam kategori Rintisan, Tumbuh atau Maju.  

Pondok pesantren cukup mendaftarkan diri melalui laman https://ponpesgo.id/ untuk melakukan Cek Kesehatan Usaha.

CKU sendiri berisikan mengenai 50 pertanyaan yang meliputi aspek kesehatan dan pertumbuhan unit usaha yang masing-masing terbagi menjadi lima indikator sebagai berikut: 

Masing-masing dari ke-lima indikator tersebut akan diberikan kategori seperti gambar diatas (tumbuh, menurun,stagnan, terganggu, tetap jalan, lancar).

Berdasarkan indikator inilah yang akan menjadi dasar untuk menentukan rekomendasi bagi unit usaha pondok pesantren.

Setelah mendapatkan rekomendasi dari tim konsultan PonpesGo.id maka pondok pesantren akan diberikan rekomendasi untuk mengikuti kelas pelatihan yang sesuai dengan kategori pertumbuhan unit usaha pondok pesantren. 

Hal ini dilakukan untuk memudahkan pemetaan kebutuhan unit usaha dan bagaimana strategi pengembangan yang bisa dilakukan. 

Pondok pesantren akan diberikan beberapa pelatihan seperti hal nya bagaimana merancang SOP dan SOTK bagi unit usaha, pelatihan perencanaan bisnis (bisnis plan), pelatihan laporan keuangan dan masih banyak lagi.
Yuk segera isi CKU untuk mewujudkan kemandirian ekonomi bersama.

Satu Balasan pada “Wajib Tahu! Pentingnya Cek Kesehatan Usaha Ponpes”

  1. Pingback: Simak! Ini Alasan Kenapa Ponpes Sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah - Ponpesgo

Tinggalkan Balasan