2 Kunci Penting Buat Unit Usaha Pondok Pesantren Maju!

2 Kunci Penting Buat Unit Usaha Pondok Pesantren Maju!

Contents

Ponpesgo.id – Sebuah pepatah mengatakan “Tidak ada rahasia untuk sukses. Sukses merupakan hasil dari persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan”- Colin Powell. 

Berdasarkan kata-kata tersebut dapat diketahui bahwa sebuah kesuksesan bisa dilakukan oleh setiap orang atau organisasi. 

Sayangnya, tidak semua orang mau mencoba, mempersiapkan diri, bekerja keras serta belajar dari kegagalan untuk bangkit menjadi lebih baik lagi.

Kesiapan dan kerja keras menjadi faktor penting kesuksesan suatu unit usaha. kesiapan unit usaha memang dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu faktor Modal usaha, SDM, Lingkungan/tempat yang strategis, serta peraturan pemerintah. 

Namun selain faktor-faktor tersebut ternyata ada faktor dasar yang amat penting untuk mencapai kesuksesan suatu unit usaha. 

Baca Juga: Simak! Ini Alasan Kenapa Ponpes Sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Faktor ini adalah bagaimana unit usaha atau organisasi memiliki core value dan core purpose.

Core Value

Core value merupakan suatu hal-hal yang dijunjung tinggi, menjadi landasan berpikir dan jiwa dari suatu organisasi. 

Maksudnya bagaimana setiap orang yang bekerja di unit usaha atau organisasi tersebut dapat menjaga standar kualitas kerjanya dan mengetahui bahwa konsekuensi yang diterima jika tidak sejalan dengan jiwa dari organisasi tersebut. 

Dalam konteks Pondok Pesantren core value yang dapat dijunjung tinggi adalah bagaimana setiap individu yang ada di Pondok Pesantren, bisa mengimplementasikan dalam bentuk tindakan nilai-nilai Islam.

Serta memberikan manfaat bagi masyarakat terlepas dari hubungan bisnis ataupun hubungan insani.

Sehingga Pondok Pesantren akan dinilai oleh masyarakat luas memiliki nilai yang tinggi baik itu dari segi professional bisnis maupun dari segi kepribadian setiap individu di Pondok Pesantren tersebut.

Core Purpose

Selain core Value, hal penting lainnya yang menjadi dasar keberhasilan adalah core purpose atau tujuan utama. 

Core purpose merupakan tujuan dari dibentuknya suatu organisasi atau unit usaha sehingga menjadi suatu landasan tetap berjalannya suatu organisasi dan unit usaha.  

Hal yang perlu kita ketahui bahwa tanpa adanya core purpose atau tujuan tak akan ada organisasi atau unit usaha yang berjalan lama. 

Core purpose harus menjadi jiwa organisasi atau unit usaha serta menjadi tujuan utama setiap individu yang ada di organisasi atau unit usaha.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Studi Kelayakan Bisnis Pesantren?

Dalam hal ini, Pondok Pesantren tentunya telah memiliki tujuan utama dari pendirian Pondok Pesantren, namun tujuan tersebut juga harus ditanamkan pada unit usaha yang didirikan Pondok Pesantren agar usaha tersebut sejalan dengan tujuan Pondok Pesantren.

Dengan kombinasi Core Value dan Core Purpose dapat menjadikan suatu organisasi atau unit usaha kuat baik dari segi kinerja dan tujuan pendiriannya. 

Memang diperlukan doktrin yang kuat agar setiap individu dapat menerima core value dan core purpose serta menjadikannya landasan dalam bekerja. 

Tolak ukur keberhasilan core value dan core purpose adalah tertanamnya nilai dan tujuan utama itu kedalam mental, jiwa, emosi dan pikiran setiap individu yang ada di organisasi atau Pondok Pesantren.

Tinggalkan Balasan