9 Langkah Penting Membangun Networking untuk Kemajuan Pondok Pesantren

9 Langkah Penting Membangun Networking untuk Kemajuan Pondok Pesantren

Contents

Ponpesgo.id – Pernahkah kita berpikir mengapa suatu perusahaan bisa menjadi besar dan dikenal masyarakat luas?

Mungkinkah hal itu dikarenakan produknya yang sangat unggul Atau karena kinerja karyawannya yang mendorong perusahaan itu menjadi maju. 

Tentunya suatu perusahaan atau unit usaha dapat tumbuh dan dikenal masyarakat karena memiliki banyak faktor penting.

Bayangkan bagaimana jika suatu perusahaan atau unit usaha memiliki produk yang unggul tapi tidak dikenal oleh masyarakat,  Apa yang terjadi? 

Tentunya produk dari perusahaan tersebut akan sulit untuk mendapatkan pangsa pasar.

Baca Juga: Simak! Ini Alasan Kenapa Ponpes Sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Oleh karena itu sangat diperlukan networking atau relasi untuk menumbuhkan unit usaha sehingga dikenal oleh masyarakat luas. 

Terdapat beberapa manfaat networking baik untuk unit usaha maupun untuk individu yang mengurus unit usaha tersebut.

1.Melatih Komunikasi

Memang terdengar biasa saja, tapi tahukah anda meyakinkan konsumen dengan berbagai latar belakang itu memerlukan pengalaman dalam hal berkomunikasi. 

Akan sangat sulit untuk unit usaha dapat meyakinkan konsumennya memilih produknya jika memiliki kendala dalam hal komunikasi. 

Komunikasi yang meyakinkan dapat mempengaruhi konsumen bahwa unit usaha kompeten dalam menjalankan usahanya.

2.Mendapatkan Informasi dan pengetahuan baru

Di era modern ini unit usaha akan sangat memerlukan informasi baik itu yang berkaitan dengan bisnisnya maupun tentang trend yang ada.

Hal ini akan sangat membantu unit usaha dalam menyusun strategi bisnisnya untuk memperbaharui strategi bisnisnya.

3.Diskusi Terbuka untuk Mendapat Ide

Diskusi terbuka bisa dilakukan baik dilingkungan unit usaha maupun dengan masyarakat luar.

Diskusi terbuka untuk lingkungan internal unit usaha menurut tim Ponpesgo menjadi sangat penting.

Karena terkadang terjadi perbedaan pandangan antara atasan dan karyawannya.

Untuk mengatasi hal ini diperlukan diskusi terbuka untuk menampung berbagai pendapat sehingga menghasilkan strategi bisnis yang baik.

Diskusi terbuka dengan masyarakat di luar unit bisnis dapat memberikan evaluasi terkait produk, kinerja, serta masukan yang membangun untuk meningkatkan kepuasan konsumen.

4.Dikenal Lebih Banyak Orang

Manfaat networking selanjutnya adalah dikenal lebih banyak orang untuk Networking akan membuat masyarakat mengenal unit usaha dan produk yang dihasilkannya. 

Sehingga orang akan percaya dan tertarik untuk menggunakan atau membeli produk yang dihasilkan oleh unit usaha. 

Untuk bisa dikenal banyak orang diperlukannya sikap keterbukaan dan tidak menutup diri sehingga tidak membatasi diri untuk mengenal dan dikenal oleh berbagai latar belakang masyarakat.

5.Mendapatkan Peluang Baru

Dengan adanya relasi maka unit usaha akan mendapatkan peluang baru baik itu untuk meningkatkan bisnisnya maupun untuk mendapatkan pengetahuan guna meningkatkan kepuasan konsumen. 

Hal ini mendorong unit usaha untuk selalu bisa memaksimalkan peluang yang ada dan mengimplementasikannya.

6.Jangan Takut keluar dari Zona Nyaman

Hal mendasar untuk dapat memperluas networking untuk unit usaha PonPes adalah dengan sikap berani untuk mencoba hal baru. 

Memang terkadang hal baru memerlukan adaptasi dari awal lagi, namun dengan mencoba hal baru itu menandakan bahwa unit usaha berani untuk mengambil peluang yang ada dan mengimplementasikannya.

7.Memanfaatkan Akun Medsos dengan Baik

Tidak dapat dipungkiri, saat ini media sosial menjadi hal yang amat penting untuk membangun dan memperluas networking. 

Dengan aktif melakukan pembaharuan di media sosial akan mendorong jaringan yang lebih luas dan dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan bisa sampai di luar negeri.

8.Membangun Kerjasama Antar Pondok Pesantren

Membangun Kerjasama antar pondok pesantren akan memberikan dampak positif kepada setiap Ponpes. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Melakukan Studi Kelayakan Bisnis Pesantren?

setiap pengurus Ponpes dapat melakukan sharing dan diskusi terbuka untuk meningkatkan baik itu sistem Pendidikan Islam di PonPes, unit usaha untuk meningkatkan pendapatan PonPes, serta dapat bekerja sama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di indonesia.

9.Jangan Menutup Diri

Hal yang sebenarnya paling mendasar untuk memperluas networking untuk unit usaha pondok pesantren adalah dengan memiliki sikap terbuka kepada setiap kalangan. 

Hal ini akan mendorong pertumbuhan Ponpes sehingga memiliki berbagai pertimbangan serta dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di masyarakat. 

Dengan sikap terbuka dan menerima perbedaan akan mendorong sikap toleransi sehingga masalah yang timbul di masyarakat akan diselesaikan dengan solusi yang bijaksana.

Networking itu bukan hanya sekedar untuk meningkatkan pendapatan namun juga dapat memberikan pelajaran baru yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya. 

Sehingga menjadikan kita sebagai individu atau unit usaha yang selalu melakukan perbaikan, memiliki keputusan yang bijaksana, dapat menerima kritik, serta dipercaya oleh masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan