Tiga Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Ponpesgo.id – Tiga amalan berikut bisa dilaksanakan untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi.  

Ramadhan merupakan bulan suci yang selalu diperingati oleh umat islam di seluruh belahan dunia. 

Tim Ponpesgo.id telah merangkum tiga amalan untuk yang dapat kita lakukan untuk menyambut bulan suci ramadhan ini:

1.Membayar Hutang Puasa

Dikutip dari Hidayatullah.com, hal pertama yang dapat kita lakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan adalah dengan membayar hutang puasa dibulan Ramadhan sebelumnya.

Ketentuan untuk membayar hutang puasa ini terdapat pada Q.S. Al-Baqarah ayat 184:

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗوَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗوَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Yang artinya:

“(yakni) pada beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa diantaramu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka(wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan Adapun bagi orang-orang yang berat dalam menjalankannya (apabila mereka berpuasa) untuk membayar fidyah, yaitu dengan memberi makan orang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati melaksanakan kebaikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS:Al-Baqarah:184).

Baca Juga: Business Plan Sebagai Kunci Keberhasilan Usaha Ponpes

2.Menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan Gembira

Amalan yang kedua untuk menyambut bulan suci Ramadhan adalah dengan menyambut bulan suci Ramadhan dengan suka cita. Dikutip dari Hidayatullah.com, amalan tersebut merupakan amalan hati. 

Menyambut bulan suci Ramadhan dengan gembira maksudnya adalah dengan memperbanyak bersyukur karena telah dipertemukan Kembali dengan bulan suci Ramadhan. Dimana dibulan suci Ramadhan ini pahala dilipat gandakan dan dosa-dosa akan dihapuskan.

Selain itu Bulan Suci Ramadhan memberikan kita banyak hikmah agar kita menjadi pribadi yang terus bertumbuh lebih baik secara kepribadian, mengontrol hawa nafsu, menjaga Kesehatan tubuh, dan yang terpenting meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

3.Puasa Sunnah pada Bulan Syaban

Amalan selanjutnya adalah dengan memperbanyak puasa sunnah di bulan Syaban sebelum datangnya bulan suci Ramadhan.

Akan tetapi biasanya umat islam dilarang untuk menunaikan puasa sunah Ketika satu atau dua hari menjelang masuknya bulan suci Ramadhan. Hadits Riwayat Bukhari: 1781 dan Muslim: 1812 yang berbunyi:

لا تَقَدَّمُوا رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ وَلا يَوْمَيْنِ إِلا رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمًا فَلْيَصُمْهُ

Yang artinya:

Janganlah kamu mendahului Ramadhan dengan berpuasa sehari atau dua hari , kecuali untuk seseorang yang memuaskan puasa tertentu, makai a boleh meneruskan puasanya.”(HR.Bukhari).

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Website untuk Pondok Pesantren

Amalan-amalan untuk menyambut hadirnya bulan suci Ramadhan merupakan suatu bentuk ketaatan kita kepada Allah Tuhan Semesta alam, serta sebagai implementasi dari rasa syukur kita kepada Allah karena kita masih diberi kesempatan untuk menyambut bulan Suci Ramadhan. 

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang bersyukur dan berserah diri kepada Allah.

Tinggalkan Balasan