Kelas Kulwap Ponpesgo

Contents

Kelas Kulwap Ponpesgo
Kelas Kulwap Ponpesgo

Ponpesgo.id – Tim Ponpesgo menyediakan layanan kuliah whatsaap atau kulwap yang dilakukan setiap minggu sekali. 

Kulwap dapat diikuti gratis oleh siapa saja terutama yang berhubungan dan sedang mengembangkan unit usaha yang ada di Ponpes.

Kuliah Whatsapp (Kulwap) hadir sebagai wadah pelatihan dan konsultasi online terkait dengan  pengelolaan kelembagaan dan keuangan bisnis Pesantren.  

Kenapa penting untuk melakukan konsultasi Perencanaan Bisnis bagi Pondok Pesantren karena tiga alasan berikut ini: 

  1. Menentukan Strategi.  

Perkembangan unit usaha Pondok Pesantren erat kaitannya dengan strategi yang digunakan.  

Strategi yang tepat membuat unit usaha Pondok Pesantren dapat berjalan dengan lancar.  Bahkan, strategi yang tepat akan membuat Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren semakin  terwujud.  

  1. Memperkecil Resiko Kerugian.  

Konsultasi perencanaan bisnis ini sangat diperlukan bagi Pondok Pesantren untuk mengidentifikasi hal-hal yang berpotensi untuk membuat unit usaha Pondok Pesantren merugi.  

Dengan riset dan perencanaan yang matang, maka InsyaAllah Pondok Pesantren dapat  menghindari kerugian. 

  1. Pemetaan Planning yang Terukur.  

Dalam menjalankan unit usaha Pondok Pesantren, diperlukan planning yang jelas dan terukur.  Hal ini penting supaya bisnis Pondok Pesantren tidak melenceng dari tujuan awalnya. 

Planning  terdiri dari perencanaan awal, target dan evaluasi agar bisnis Pondok Pesantren dapat berjalan dengan baik dan terarah. Selain itu, strategi pemasaran juga sangat penting supaya produk/jasa  dari unit usaha Pondok Pesantren dapat dikenal oleh khalayak ramai.

Perlu diketahui bahwa Kulwap adalah program PonpesGo.id untuk mendorong mewujudkan Kemandirian Ekonomi  Pondok Pesantren.  

PonpesGo.id menawarkan berbagai materi untuk membantu mengelola bisnis Pondok Pesantren  dalam menjalankan usahanya.  

Materi yang PonpesGo.id berikan adalah:  

  • Pengukuran Kinerja Berbasis Key Performance Indikator (KPI) Bisnis  Pesantren. 
  • Penyusunan Laporan Keuangan Bisnis Pesantren. 
  • Penyusunan Perencanaan Bisnis (Business Plan) Bisnis Pesantren.

Apabila terdapat kendala dan masalah bisa langsung bertanya kepada narasumber Kulwap yang merupakan tim dari Ponpesgo.id yang telah berpengalaman. 

Segera daftar di Kulwap dari PonpesGo.id dan bersama wujudkan Kemandirian Ekonomi  Pondok Pesantren.  

Fasilitas:

  • Video tutorial
  • Mini Modul sebagai Buku Pedoman konsultasi
  • Kertas kerja yang langsung bisa di aplikasikan
  • Konsultasi bisnis
  • Masuk jejaring ponpesgo

Manfaat dan Keuntungan unit usaha Pondok Pesantren dalam Mengikuti Program Pendampingan dan Pelatihan PonPesGo.Id

Dengan mengikuti program pendampingan dan pelatihan unggulan dari PonPesGo.Id, unit usaha pondok pesantren diharapkan dapat memetakan potensi bisnis.

Meningkatkan keakuratan dalam penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan standar keuangan berlaku umum sebagai cerminan kinerja unit usaha dan komponen proposal pengajuan penambahan modal ke calon investor maupun lembaga lain yang berkenan.

Selain itu, diharapkan setalah adanya pendampingan ini unit usaha maupun BUMPes sudah memiliki Standar Operasional Prosedur dan Struktur Organisasi Tata Kerja yang terstruktur.

1.Penggalian potensi bisnis unit usaha, akan bermanfaat bagi bisnis pesantren untuk memfokuskan unit usaha dalam menentukan bidang bisnisnya yang sesuai dengan potensi dan sumber daya yang dimilik.

2.SOP dan SOTK menjadi sangat penting ketika unit usaha ingin memiliki alur bisnis adan administrasi yang tersusun dan selalu melakukan perbaikan sistem menejemen.

3.Laporan keuangan menjadi sangat krusial dalam menilai kinerja suatu unit usaha, sehingga dengan adanya laporan keuangan yang baku akan membantu unit usaha dan pondok pesantren dalam mengembangkan usahanya dan menentukan keputusan bisnis.

Besar harapan kami selaku tim konsultan PonPesGo.Id untuk unit usaha pondok pesantren dapat menjadi pelopor pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia, dengan menggunakan prinsip-prinsip perdagangan menurut Hukum Islam.

Bagaimana cara mendaftar program pendampingan?

Bergabung dikomunitas kami unit usaha pondok pesantren cukup mengunjungi website ponpesgo.id melalui pengisian form Cek Kesehatan Usaha secara GRATIS dengan keuntungan dimana unit usaha dapat mengetahui kriteria unit usaha baik itu Rintisan, Tumbuh atau Maju

Untuk info lebih lanjut terkait program pendampingan dan pelatihan , unit usaha pondok pesantren dapat mengunjungai website kami di ponpesgo.id, FB: Ponpesgo.id, dan Instagram kami di : @Ponpesgo.id