Pentingnya SOP Untuk Bisnis Pesantren

Pentingnya SOP Untuk Bisnis Pesantren

Contents

Ponpesgo.id – Setiap bisnis usaha pasti memerlukan panduan untuk menjalankan tugas dan fungsi bagi keberlangsungan kegiatan operasionalnya. 

Bisnis yang tidak memiliki panduan operasional akan berdampak pada alur kegiatan bisnisnya, seperti hal nya pada kurang efektifnya operasional bisnis,

Untuk mencegah kemungkinan tersebut, sebuah bisnis memerlukan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk memudahkan pengurus bisnis untuk menyusun.

Merapikan serta menertibkan sistem bisnis.

Mengapa SOP sangat penting untuk diterapkan?

Sebagai pedoman dalam melaksanakan aktivitas harian

SOP yang dimiliki oleh setiap perusahaan perlu disesuaikan dengan setiap jenis aktivitas pekerjaan yang dimiliki.

Karena bagaimanapun juga, SOP adalah standar atau pedoman dalam melakukan aktivitas harian. 

Dengan adanya SOP yang jelas dan detail pengelola bisnis akan lebih mudah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. 

Misalkan, dengan adanya SOP, petugas gudang dapat mengetahui apa saja tugas hariannya untuk memastikan tidak adanya kesalahan

Memperlancar tugas setiap karyawan

Fungsi SOP selanjutnya yakni sebagai pedoman agar setiap karyawan yang ada di dalam suatu bisnis mengetahui batas-batas pekerjaan serta peran dan tanggung jawabnya. 

Pada SOP umumnya dijabarkan apa saja yang menjadi tanggung jawab dari posisi atau peran di sebuah pekerjaan dan juga cakupan kerjanya. 

Dengan adanya cakupan tugas yang ada dalam SOP, setiap karyawan dapat mengetahui sampai mana peran yang dimilikinya

Terciptanya tenaga kerja yang disiplin

Seperti yang kita ketahui bahwa SOP memiliki aturan standar atau ideal yang ingin dicapai oleh bisnis dalam menjalankan operasionalnya. 

Oleh karenanya, dokumen SOP seringkali digunakan sebagai acuan atau pedoman untuk memantau kedisiplinan tenaga kerja. 

Dokumen SOP menjadi standar yang harus dipatuhi oleh setiap karyawan karena memiliki tujuan yang lebih besar daripada sekadar mengatur bagaimana setiap pegawai harus berperilaku di tempat kerjanya

Mengidentifikasi potensi masalah dalam aktivitas bisnis

Sebagai sebuah panduan atau pedoman. SOP sendiri adalah dokumen yang mengatur tata cara suatu aktivitas maupun pekerjaan dilakukan. 

Dengan kata lain SOP memuat aturan, batasan dan juga ukuran. SOP sendiri juga membantu karyawan untuk memberikan acuan target yang dapat dicapai. 

Tanpa adanya SOP tentu akan sulit untuk mengidentifikasi potensi masalah yang timbul dalam operasional bisnis

Penyusunan SOP sendiri disesuaikan dengan kebutuhan serta ketersediaan sumberdaya manusia di sebuah organisasi.

Sebab tujuan dibuatnya SOP sendiri adalah untuk menjelaskan secara rinci bagaimana seluruh sumber daya manusia (SDM) yang berada di suatu organisasi bertindak sesuai dengan standar atau job desk yang berlaku, sehingga dapat mencapai efisiensi kerja.

 

Tinggalkan Balasan