5 Amalan Berpahala Besar Sambut Isra Miraj!

5 Amalan Berpahala Besar Sambut Isra Miraj!

Ponpesgo.id – Peristiwa isra miraj diperingati oleh umat muslim di penjuru dunia sebagai salah satu sejarah penting dalam Islam. 

Pengertian Isra Miraj sendiri berasal dari dua kata yakni Isra yang bermakna perjalanan malam dan Mi’raj yang berarti alat naik atau tangga. 

Secara istilah Isra Miraj merupakan peristiwa diperjalankannya Rasulullah SAW dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha/Bayt al-Maqdis di Palestina.

Kemudian Nabi Muhammad melanjutkan perjalananya menuju al Arsy (Sidrorul Munthaha) untuk menghadap Allah SWT dan kemudian kembali lagi ke Masjidil Haram pada suatu malam dalam waktu yang singkat.

Baca: Pentingnya Standar Operasional Prosedur Bagi Pondok Pesantren?

Peristiwa ini terjadi pada malam ke-27 Rajab dari tahun ke-10 masa kenabian yang menjadi cikal bakal adanya perintah dari Allah SWT untuk mengerjakan shalat 5 waktu yang menjadi perkara wajib bagi umat Muslim. 

Lalu bagaimana cara kita sebagai umat muslim dalam memperingati hari Isra Miraj? Apa saja amalan yang dapat kita kerjakan untuk menyambut Isra Miraj? Berikut ulasannya.

  1.   Perbanyak Berdzikir

Salah satu amalan yang dapat dikerjakan ketika Isra Miraj yakni berzidkir dengan memuja asma Allah dan sangat dianjurkan saat malam Isra Miraj tiba, sebab Allah SWT sangat menyayangi hambanya yang senantiasa mengingat-Nya.

  1.   Membaca doa pagi dan sore

Sering dibaca sebagai zikir, doa pagi dan sore ini bisa juga dilakukan di hari-hari biasa. Berasal dari salah satu ayat Alquran, doa ini dibacakan agar terhindar dari siksa api neraka.

رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَاماً. إِنَّهَا سَاءتْ مُسْتَقَرّاً وَمُقَاماً

(… Rabbanaṣrif ‘annā ‘ażāba jahannama inna ‘ażābahā kāna garāmā * Innahā sā`at mustaqarraw wa muqāmā)

Artinya: “Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan men jauhkan kami dari azab (siksa) api neraka jahannam, karena azabnya itu sungguh membinasakan dan seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman. (QS Al-Furqan: 65-66)

  1.   Istighfar

Memperbanyak istigfar juga menjadi salah satu amalan yang bisa dikerjakan untuk memperingati Isra Mir’aj. Di dalam ucapan istigfar terdaoat banyak keutamaan yang dimiliki, seperti menghapuskan dosa.  Dengan memperbanyak istighfar saat malam Isra Miraj, maka segala dosa satu persatu akan diampuni Allah. 

Baca Juga: Simak! Ini Alasan Kenapa Ponpes Sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah
  1.   Bersedekah

Bersedekah menjadi amalan yang sangat dianjurkan ketika malam Isra Miraj tiba, sedekah sendiri tidak akan merugikan kita ataupun mengurangi harta yang kita miliki. Justru dengan sedekah dapat mendatangkan keberkahan pada penghasilan yang kita dapatkan sekecil apapun itu lakukanlah sedekah, sebab sedekah akan menambah amalan kita dan dapat menjadi pertolongan kita di akhirat kelak.

  1.   Berpuasa

Anjuran untuk berpuasa ketika Isra Miraj tiba merupakah sunnah. Puasa di hari Isra Miraj hukumnya tidak wajib, melainkan hanya sunnah, jika dilakukan mendapatkan pahala jika ditinggalkan tidak mendapat siksa.Rukun puasa di hari Isra Miraj sama seperti puasa wajib di bulan Ramadhan, yaitu niat dan menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Adapun sahur dan buka puasa hukumnya sunnah, karena mengikuti anjuran Rasulullah SAW. Bahkan makruh jika tidak melakukannya.

Tinggalkan Balasan