Contents
Ponpesgo.id – Standar Operasional Prosedur Keuangan untuk unit usaha Pondok telah Tim Ponpesgo.id rangkum dalam 8 SOP keuangan sebagai berikut :
SOP Pendapatan
Tujuan SOP Pendapatan ini dibuat agar pengelola unit usaha dapat memastikan penerimaan pendapatan kas dapat terlaksana dengan efektif, akurat, dan valid.
Selain itu tujuan lain SOP Pendapatan ini dibuat yakni untuk menjamin aktivitas penerimaan pendapatan kas terdokumentasi dengan baik dan terkendali sebagai bentuk dari efektivitas pengelolaan kebutuhan unit usaha.
Dokumen terkait yang biasanya digunakan ialah: kwitansi, bukti bayar, transfer bank, laporan penerimaan, dan pemasukan kas dan bukti pendukung lainnya.
SOP Pengeluaran
SOP Pengeluaran digunakan untuk mengatur pembayaran operasional unit usaha agar transaksi pengeluaran kas dapat dilakukan secara aman dan sesuai dengan kebijakan perusahaan serta dilengkapi bukti yang kuat dan terotorisasi oleh pihak pihak yang berwenang.
SOP Pengelolaan Kas
Kas merupakan aset yang paling likuid, paling banyak terlibat dalam transaksi perusahaan, mudah dipindahkan, dan memungkinkan terjadinya penyimpangan dalam penggunaannya.
Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem pengelolaan yang memadai, yang terutama bertujuan untuk mengamankan aset kas.
Manajemen kas erat hubungannya dengan sistem pengawasan kas sehingga dalam pelaksanaannya menyangkut prosedur administratif dan prosedur pencatatan.
SOP Persediaan
SOP Persediaan ini digunakan untuk mengatur tata cara perhitungan dan pemeriksaan fisik persediaan barang atau stock opname, di mana pemeriksaan ini dilakukan antara stok fisik barang persediaan yang ada di gudang/tempat penyimpanan dengan stok yang tercatat di daftar inventaris.
Tujuan dari SOP ini yakni untuk mengetahui secara pasti bagaimana kebenaran catatan dalam pembukuan perusahaan yang mana hal ini merupakan salah satu dari fungsi sistem pengendalian internal
SOP Pengelolaan Aset
SOP Pengelolaan Aset sendiri digunakan di unit bisnis sebagai panduan untuk mengelola semua aset dan infrastruktur perusahaan agar dapat berfungsi secara optimal untuk mendukung operasional perusahaan.
SOP ini sangatlah penting untuk mengatur mengenai bagaimana tata cara pengadaan aset, perawatan aset, penghapusan aset, pelepasan aset hingga pemusnahan aset.
SOP Utang
SOP Utang adalah standar prosedur yang digunakan untuk mengatur semua aktivitas yang berkaitan dengan utang perusahaan.
Tujuan dari pembuatan SOP ini sendiri adalah untuk memudahkan pengelolaan utang di unit bisnis menjadi lebih baik dan mendukung kegiatan operasional unit usaha dalam mencapai tujuannya.
SOP Piutang
SOP Piutang digunakan untuk memastikan prosedur piutang terlaksana dengan baik, efektif, akurat, legal dan valid, selain itu SOP ini diharapkan dapat menjamin aktivitas piutang di unit usaha sehingga dapat terdokumentasi dengan baik dan terkendali sebagai bagian dari efektivitas serta transparansi dalam pengelolaan laporan keuangan
SOP Tutup Buku
SOP Tutup Buku ini digunakan untuk mengatur aktivitas penutupan entri jurnal yang dilakukan untuk membersihkan buku besar dari akun pendapatan dan beban, menghubungkan jumlah tersebut dengan pendapatan dan laba ditahan.
Hal ini penting dilakukan untuk menyesuaikan entri jurnal untuk mencatat jumlah yang masih harus dibayar untuk periode yang belum terdaftar.
Berbagai jenis SOP keuangan ini merupakan penunjang terciptanya alur kerja yang efektif dan efisien pada unit usaha pondok pesantren.
Harapan kami dengan tersusunnya SOP keuangan yang baik di unit usaha pondok pesantren adalah agar proses bisnis unit usaha pondok pesantren dapat berjalan dengan baik.