Kenapa sih Harus Digitalisasi Pondok Pesantren?

Kenapa sih Harus Digitalisasi Pondok Pesantren?

Ponpesgo.id – Ada yang tahu tidak mengapa Digitalisasi menjadi sesuatu yang penting di zaman ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebelumnya kita harus tahu dulu pengertian dari Digitalisasi itu sendiri. 

Digitalisasi merupakan penggunaan suatu teknologi digital yang mengubah sebuah model bisnis dan menyediakan pendapatan serta peluang yang dapat menghasilkan (Garter.com).

Pada era 4.0 ini, penggunaan teknologi, komunikasi dan informasi menjadi semakin berkembang pesat. 

Artificial intelligence, perdagangan digital (e-commerce), big data, financial teknologi hingga penggunaan robot merupakan beberapa hasil dari perkembangan teknologi.

Baca: Pentingnya Standar Operasional Prosedur Bagi Pondok Pesantren?

Pada dasarnya perkembangan teknologi ini ditujukan untuk memberikan kemudahan dalam hidup setiap orang. 

Menteri komunikasi dan informasi menyampaikan bahwa digitalisasi merupakan suatu kunci untuk Indonesia dapat memiliki daya saing dengan negara lain yang mampu membuat ekonomi menjadi lebih efisien.

Lantas apa korelasinya dengan atara digitalisasi dengan pondok pesantren?

Seperti yang kita ketahui bahwa di era modern ini menuntut setiap orang untuk dapat menguasai segala bentuk perkembangan teknologi. 

Bayangkan jika pondok pesantren enggan untuk melakukan digitalisasi baik pada sistem pendidikannya maupun pada unit usahanya. 

Hal ini akan berakibat pada ketertinggalan pondok pesantren tersebut serta unit usaha akan sulit bersaing.

Terdapat beberapa manfaat digitalisasi untuk pondok pesantren

Sektor Pendidikan

Kita ketahui bahwa di era pandemic Covid-19 ini sangat mempengaruhi sistem Pendidikan di pondok pesantren. 

Proses belajar-mengajar yang tadinya tatap muka kini dibatasi oleh proyek dari pemerintah untuk mengontrol perkembangan virus Covid-19 ini. 

Dengan melakukan digitalisasi akan membantu pondok pesantren agar tetap dapat melaksanakan proses belajar-mengajarnya lewat pembelajaran dalam jaringan atau seperti Video Call. 

Tidak hanya itu para pengurus pun dapat membuat pembelajaran jarak jauh lewat e-learning, yang berisikan materi video, tugas-tugas, dan ujian yang semuanya dapat diakses secara online.

Sektor perdagangan atau unit usaha

Dengan melakukan digitalisasi unit usaha pondok pesantren dapat untuk memaksimalkan pangsa pasarnya.

Hanya saja memang diperlukan admin yang senantiasa sigap untuk melayani para konsumen. 

Selain itu pondok pesantren juga dapat meminimalisir biaya operasional, menjangkau lebih banyak pelanggan serta mempermudah proses pemasaran.

Baca Juga: Simak! Ini Alasan Kenapa Ponpes Sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Dilansir pada Situs Pesantrengodigital.id kita mengetahui bahwa telah banyak pondok pesantren yang melakukan Digitalisasi untuk mempermudah proses belajar-mengajar dan mengembangkan proses pemasaran pada unit usahanya.

Selain dua manfaat itu sebenarnya masih banyak segudang manfaat dari digitalisasi pondok pesantren, namun menurut tim ponpesgo.id dua manfaat itu yang saat ini paling berdampak pada pertumbuhan pondok pesantren.

Tinggalkan Balasan