Lima Pondok Pesantren Modern Terkenal di Indonesia

Ponpesgo.id – Diera 4.0 ini menimbulkan berbagai perubahan salah satunya sistem pendidikan di pondok pesantren.

Perubahan pada pondok pesantren ini kemudian kita kenal sebagai pondok pesantren modern.

Seperti apa sih pondok pesantren modern?

Jadi pondok pesantren modern adalah pondok pesantren yang menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam komunikasi sehari hari.

Kemudian system pendidikannya seperti Pendidikan formal namun para santri tetap mempelajari kitab kuning.

Lalu bedanya dengan pondok pesantren yang kita kenal pada umumnya seperti apa?

Baca: Pentingnya Standar Operasional Prosedur Bagi Pondok Pesantren?

Bedanya dengan pondok pesantren salafiyah atau yang biasa kita kenal yakni biasanya pondok pesantren modern tidak lagi mengadakan sistem pengajian tradisional seperti sorogan, wetonan, dan bandongan. 

Buku-buku yang digunakan pun menggunakan Bahasa arab kontemporer/ bukan arab gundul.

Dilansir dari pesantrengodigital.id terdapat beberapa pondok pesantren modern yang cukup terkenal di Indonesia. 

Berikut pemaparannya:

1. Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo Jawa Timur

Yang pertama ada Pondok Pesantren Gontor yang berlokasi di Ponorogo, Jawa Timur. Pondok Pesantren Gontor ini didirikan oleh KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie dan KH Imam Zarkasy pada tanggal 10 April 1926. 

Pada saat ini Pondok Pesantren Gontor ini dipimpin oleh seorang Founder Aligarh Muslim University dari India Sir Syed Ahmad Khan. Sir Syed Ahmad Khan ini merupakan salah satu pelopor penerapan sistem Pendidikan modern pondok pesantren.

2. Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan JAwa Timur

Masih di Jawa Timur, Pondok Pesantren modern yang cukup terkenal di Indonesia ialah Pondok pesantren Sidogiri yang berlokasi di pasuruan. 

Pondok Pesantren Sidogiri saat ini merupakan salah satu pondok pesantren yang terbaik di indonesia. 

Pondok Pesantren yang berdiri sejak tahun 1745 ini menjadi salah satu ponpes yang tertua di indonesia yang masih berjalan hingga saat ini.  

Pada saat ini pondok pesantren Sidogiri telah menerapkan sistem Pendidikan modern tanpa meninggalkan sistem Pendidikan salafiyah murni.

3. Pondok Pesantren Langitan, Tuban Jawa Timur

Pondok Pesantren Langitan yang berlokasi di Tuban Jawa Timur ini berdiri sejak tahun 1852. Pondok pesantren ini dipimpin oleh KH Abdullah Faqih yang kita ketahui bahwa beliau juga berkiprah di politik Indonesia.

4. Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang Jawa Timur

Pondok Pesantren Tebuireng yang berlokasi di kabupaten Jombang, Jawa Timur ini didirikan oleh seorang ulama besar sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Bapak KH Hasyim Asy’arie. 

Dari pondok pesantren ini kita mengetahui bahwa terdapat beberapa tokoh besar yang berasal dari Pondok Pesantren Tebuireng ini salah satunya Presiden Indonesia Ke-4 bapak KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

5. Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri Jawa Timur

Pondok Pesantren Lirboyo terletak di desa Banjar Melati, Mojoroto, Kediri Jawa Timur. Pondok Pesantren ini didirikan oleh KH Sholah pada tahun 1910. 

Baca Juga: Simak! Ini Alasan Kenapa Ponpes Sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Hingga saat ini pondok pesantren Lirboyo terus mengalami perkembangan sistem pendidikannya. Pondok Pesantren Lirboyo menggunakan sistem Pendidikan modern dan tradisional.

Sebenarnya masih sangat banyak pondok pesantren terkenal di Indonesia yang menggunakan perpaduan antara sistem Pendidikan modern dan tradisional. 

Semua ini diharapkan dapat memajukan tingkat Pendidikan masyarakat serta menciptakan tokoh tokoh syariah di Indonesia. 

Tinggalkan Balasan