Pelatihan Unit Usaha Pondok Pesantren

Ponpesgo.id – Pelatihan Unit usaha pondok pesantren merupakan suatu wujud kemandirian pondok pesantren dalam bidang pengembangan bisnis perdagangannya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pondok pesantren kini dituntut untuk dapat menjadi Lembaga Pendidikan agama yang mandiri serta memiliki sistem kewirausahaan yang terencana.

Dengan adanya Peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021-2024.

Untuk melaksanakan PP Nomor 2 Tahun 2022 tersebut Kementerian Koperasi dan UKM, Bapak Teten Masduki Bersama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melakukan MoU tentang peningkatan dan pemberdayaan ekonomi umat di kalangan santri.

Pemerintah memiliki rencana untuk menumbuhkan rasio kewirausahaan sebesar 3,95% pada tahun 2024. 

Sebagaimana kita mengetahui bahwa angka rasio pertumbuhan ini terbilang kecil jika dibandingkan dengan negara maju yang memiliki rasio pertumbuhan kewirausahaan sebesar 10-14%.

Dalam proses implementasi peningkatan dan pemberdayaan ekonomi umat di kalangan santri ini.

Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara dalam hal pembiayaan.

Kita mengetahui bahwa dalam proses pengembangan kewirausahaan unit usaha di pondok pesantren memerlukan adanya pelatihan dan pendampingan dari pihak pihak yang kompeten.

Kami dari tim Konsultan PonPesGo.Id dari PT. Syncore Indonesia hadir untuk memberikan pendampingan dan pelatihan kepada setiap unit usaha pondok pesantren dalam pengembangan kewirausahaannya.

Kenapa sih diperlukan pendampingan dan pelatihan untuk mengembangkan unit usaha pondok pesantren? Apakah hanya dengan memiliki modal usaha saja tidak cukup untuk mengembangkan unit usaha?

Pendampingan dan pelatihan yang kami akan di monitor oleh bapak Rudy Suryanto yang memiliki berbagai pengalaman membangun bisnis melalui PT. Sycore Indonesia.

Kami juga memiliki berbagai pengalaman pendampingan yang tersebar di DIY di tahun 2021 dengan menggandeng Bank Indonesia sebagai penyelenggara program nya, untuk lebih jelasnya dapat dilihat di Website kami yaitu Ponpesgo.id.

Apa aja sih bentuk pelatihan dan pendampingan dari ponpesgo.id?

Pendampingan Pengelolaan Manajemen Badan Usaha PonPes

Pendampingan Pengelolaan Manajemen Badan Usaha PonPes merupakan program unggulan kami dimana dilakukan pendampingan jarak jauh selama 3 bulan. Adapun materi unggulan yang kami berikan untuk pengembangan unit usaha pondok pesantren adalah sebagai berikut:

  • Penyusunan Standar Operasional Prosedur Unit Usaha Pondok Pesantren
  • Penyusunan Laporan Keuangan unit usaha Pondok Pesantren
  • Penyusunan Business Plan / Peningkatan potensi Bisnis unit usaha Pondok Pesantren

Fasilitas:

  • Video Materi
  • Kertas Kerja yang langsung bisa di aplikasikan
  • Konsultasi (selama 3 BULAN)
  • Sertifikat
  • Format Laporan Keuangan
  • Masuk ke jejaring PonpesGo.id

Bagaimana cara mendaftar program pendampingan?

Bergabung dikomunitas kami unit usaha pondok pesantren cukup mengunjungi website ponpesgo.id melalui pengisian form Cek Kesehatan Usaha secara GRATIS dengan keuntungan dimana unit usaha dapat mengetahui kriteria unit usaha baik itu Rintisan, Tumbuh atau Maju

Untuk info lebih lanjut terkait program pendampingan dan pelatihan , unit usaha pondok pesantren dapat mengunjungai website kami di ponpesgo.id, FB: Ponpesgo.id, dan Instagram kami di : @Ponpesgo.id