Pendampingan Laporan Keuangan Unit Usaha Pondok Pesantren

Ponpesgo.id – Setiap ponpes biasanya memiliki unit bisnis. Mulai dari mart, laundry, catering, fotocopy, persewaan sound system, dan juga kantin. 

Banyak transaksi yang terjadi dalam suatu unit bisnis. Namun sayangnya beberapa ponpes belum begitu paham bagaimana cara membuat laporan keuangan.

Di sini saya sebagai penulis melihat pentingnya pembuatan laporan keuangan untuk unit bisnis yang dijalankan oleh ponpes.  

Secara keseluruhan semua unit usaha harus memiliki komponen laporan keuangan yang seperti jumlah laporan pembelian, penjualan, dan kredit ataupun biaya operasional. 

Dengan adanya laporan keuangan kita dapat mengevaluasi dan juga menentukan rencana ke depan yang akan diambil. 

Laporan keuangan berfungsi sebagai perencanaan, dengan membuat laporan keuangan kita dapat mengoptimalkan biaya yang dimiliki dan juga sebagai perencanaan. 

Selain itu juga dapat mengetahui posisi keuangan setiap bulan dan juga menjadi acuan dalam pengambilan keputusan dan rencana ke depannya.  

Laporan keuangan juga membantu kita dalam menghitung pajak yang harus dibayar. Seperti yang diketahui tarif pajak terbaru PPh Final sebesar 0,5% untuk pelaku UMKM berdasarkan UU No. 36 Tahun 2008 . 

Maka dari itu alangkah baiknya apabila setiap unit usaha yang dinaungi oleh ponpes sudah mampu membuat laporan keuangan. 

Melalui pembinaan dan juga pelatihan diharapkan mampu membantu SDM unit usaha yang ada untuk dapat membuat laporan keuangan sesuai standar akuntansi. 

Tinggalkan Balasan