Pentingya Pemberdayaan Ekonomi di Pondok Pesantren

Pentingya Pemberdayaan Ekonomi di Pondok Pesantren

Ponpesgo.id – Pemberdayaan ekonomi  merupakan suatu usaha untuk menggembangkan atau memberdayakan ekonomi bagi masyarakat yang memiliki tingkat perekonomian rendah. 

Dalam proses pemberdayaan ekonomi ini, peran pemerintah sangat dibutuhkan baik itu dengan pemberian dana bantuan modal usaha serta kebijakan kebijakan yang memudahkan setiap lini masyarakat untuk menjalankan usaha.

Baca Juga: Business Plan Sebagai Kunci Keberhasilan Usaha Ponpes

Tujuan dari pemberdayaan ekonomi adalah sebagai berikut

  •     Memenuhi kebutuhan individu
  •     Memenuhi kebutuhan keluarga
  •     Memenuhi kebutuhan jangka Panjang
  •     Menyediakan kebutuhan bagi keluarga yang ditinggalkan
  •     Memberikan bantuan sosial dan sumbangan berdasarkan jalan Allah SWT

Dikutip dari detikNews, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menekankan pentingnya pemberdayaan ekonomi Pondok Pesantren. 

Beliau menjelaskan bahwa nantinya para santri akan berumah tangga, sehingga secara agama dan ekonomi harus kuat. 

Hal inilah yang memicu diharuskannya pemberdayaan ekonomi dari pemerintah untuk masuk ke pondok pesantren.

Bupati serang ratu Tatu Chasanah menghimbau agar para pimpinan pondok pesantren untuk mengajukan program pemberdayaan ekonomi pesantren. 

Beliau menjelaskan bahwa pemerintah kabupaten Serang dapat menurunkan beberapa programnya ke pondok pesantren seperti program perikanan, program peternakan, program pertanian, dan program perkebunan. 

Beliau menjelaskan bahwa terdapat 20 pondok pesantren yang dibantu rehabilitasinya setiap tahun.

Dimana program bantuan tersebut dilakukan secara bergantian berdasarkan kondisi pondok pesantren.

Ketua Presidium Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Serang Faturrahman mengatakan bahwa kehadiran pemkab serang sangat membantu pembangunan Gedung FSPP serta pihaknya telah mendapatkan dana hibah dari pemkab Serang dalam pembangunan tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa peran pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pondok pesantren bukan hanya berupa pemberian dana bantuan. 

Nmun program yang jitu terkait jalannya bisnis dapat membuat dana bantuan tersebut terserap secara efektif dan efisien. Tujuan dari program bisnis ini adalah agar terciptanya kemandirian ekonomi pondok pesantren.

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Website untuk Pondok Pesantren

Ponpesgo.id hadir untuk membantu pondok pesantren dalam melakukan pemetaan unit bisnisnya. Dengan program bisnis plan dan penyusunan laporan keuangan yang transparan dapat mempermudah unit bisnis pondok pesantren dalam melakukan evaluasi kerjanya. 

Untuk bergabung dengan komunitas kami cukup dengan mengunjungi Ponpesgo.id dan daftarkan unit bisnis pondok pesantren, kemudian akan muncul beberapa pertanyaan untuk menilai Kesehatan usaha di unit bisnis tersebut,tanpa dipungut biaya apapun.

Harapan kami, tim ponpesgo.id, adalah agar setiap bisnis yang memiliki basis syariah dapat tumbuh dan bersaing dengan unit bisnis konvensional lainnya. 

Oleh karena itu, peran pondok pesantren sangat kami harapkan sebagai suatu lembaga yang mempelopori gerakan ini.

Tinggalkan Balasan