Peran Manajemen di Pondok Pesantren Sebagai Kunci Dari Kemandirian Ekonomi Pesantren

Peran Manajemen di Pondok Pesantren Sebagai Kunci Dari Kemandirian Ekonomi Pesantren

Ponpesgo.id – Saat ini ada banyak pondok pesantren yang mengalami perkembangan pesat dari segi ekonomi.

Perkembangan ekonomi tersebut tidak lain karena pondok pesantren sudah memiliki unit-unit usaha yang telah bergerak. 

Beberapa pondok pesantren dapat meningkatkan sarana dan prasarananya dari adanya pertumbuhan ekonomi tersebut. Adanya perkembangan tersebut pastilah tidak lepas dari faktor manajemen yang bagus di dalamnya.

Manajemen dalam pondok pesantren merupakan proses yang lakukan untuk meningkatkan aset dan kemampuan pondok pesantren.

Salah satu aset dan kemampuan pondok pesantren Bidang ekonomi untuk menuju kemandirian. 

Baca Juga: Pentingnya SOP Bagi Unit Usaha Ponpes

Hakikatnya manajemen pondok pesantren merupakan salah satu strategi dan kegiatan yang bisa menggunakan pembaharuan pesantren di bidang ekonomi.

Seperti yang kita ketahui bahwa manajemen merupakan alat yang kuat serta sebagai pondasi dalam pembangunan lembaga yang ada. 

Manajemen menjadi kunci dari berjalannya suatu kegiatan, usaha, pemberdayaan dalam suatu organisasi seperti pondok pesantren.

Hal ini untuk bisa mengupayakan terjadi peningkatkan dan perbaikan pesantren dalam bidang ekonomi serta sebagai salah satu penopang eksistensi pondok pesantren.

Ada beberapa alasan kenapa pondok pesantren perlu memiliki manajemen yang kuat dalam bidang perekonomian: 

  • Penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam dan pondok pesantren merupakan salah satu media yang dapat dikatakan dekat dengan masyarakat serta pertumbuhan dan perkembangannya sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang beragama tersebut;
  • Kekuatan nilai-nilai pondok pesantren yang berbasis ilahiah dan insaniah menjadi kekuatan yang menuju pada perubahan sosial, dimana ilahiah dan insaniah tersebut merupakan transformasi sosial yang dapat dipandang sebagai dasar pembentukan rasionalisasi kehidupan yang berbasis pada ekonomi (Max Weber);
  • Kesenjangan dan ketimpangan sumber daya manusia yang masih banyak yang harus dibenahi. Sehingga dalam rangka menjalankan usaha ekonomi pondok pesantren tersebut dibutuhkan manajemen yang kuat, tertata, dan diupayakan dapat meningkatkan kemampuan pesantren untuk menganalisa kondisi dan potensi serta masalah-masalah yang mana perlu untuk segera diatasi.

Ketidakberdayaan ini menjadi salah satu penyebab pondok pesantren menjadi termarjinalkan.

Baca Juga: Pentingnya Pengembangan SDM Pada Unit Usaha Ponpes

Sehingga tidak sepenuhnya bisa disalahkan jika selama ini banyak beredar berita miring yang menyatakan bahwa pondok pesantren hanya menjadi wadah sumbangan dari masyarakat atau pemerintah.

Tinggalkan Balasan