Ponpesgo.id Selenggarakan Kulwap Dua Ponpes di Jawa Tengah

Ponpesgo.id Selenggarakan Kulwap Dua Ponpes di Jawa Tengah

Ponpesgo.id – Tim Ponpesgo.id selenggarakan Kuliah whatsapp Kulwap untuk dua ponpes di Jawa Tengah.Kegiatan ini diselenggarakan secara online melalui Zoom meeting

Kulwap diselenggarakan pada 18 februari 2022 dan dihadiri langsung oleh perwakilan dari Pondok Pesantren Nur Muhammad Magelang dan Pondok Pesantren Al Anwar 3 Rembang. 

Acara Kulwap yang diselenggarakan membahas terkait dengan Pelatihan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK). 

Baca Juga: Business Plan Sebagai Kunci Keberhasilan Usaha Ponpes

Materi diberikan langsung oleh pemateri yang berpengalaman di bidang SOTK yakni Al Musa Nur Kazim yang juga merupakan Tim Konsultan PonpesGo.id.

Ponpesgo.id Selenggarakan Kulwap Dua Ponpes di Jawa Tengah
Proses pemberian materi kulwap Ponpesgo.id

Peserta dijelaskan terkait Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) berguna untuk mempermudah pondok pesantren mengelola unit usaha yang dimiliki. 

Secara umum acara Kulwap berjalan dengan lancar, seluruh peserta antusias mengikuti kegiatan pelatihan, banyak hal yang didiskusikan terkait SOTK.

Salah satu contohnya seperti bagaimana membuat TUPOKSI, mengatasi double jobdesk dll, peserta juga diberikan lembar kertas kerja dan materi yang bisa dipelajari untuk menyusun SOTK.

Peserta tampak aktif juga memberikan diskusi terkait pemetaan tugas dan tanggung jawab pengurus unit usaha.

Harapannya, setelah pelatihan ini selesai, pihak pengelola unit usaha pesantren dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan bagi  pengelolaan unit usaha. 

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Website untuk Pondok Pesantren

Di akhir masa pelatihan, tim konsultan Ponpesgo.id mengadakan sesi pengisian post test. Post test ini berisikan 15 pertanyaan yang berisi seputar materi SOP dan SOTK. 

Post test tersebut bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta mengenai materi yang diberikan selama kelas berlangsung.

Tindak lanjut dari Kulwap yakni melakukan evaluasi dan mengadakan pelatihan Kulwap kembali dengan tema yang berbeda. 

Tinggalkan Balasan