Arti Bulan Ramadan dan Keistimewaan untuk Umat Islam!

Arti Bulan Ramadan dan Keistimewaan untuk Umat Islam!

Contents

Ponpesgo.id – Arti Ramadan secara umum adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Dan pada saat Ramadan semua ibadah akan dilipatgandakan pahalanya. 

Umat Islam akan merayakan sebuah tradisi dan menjalankan kewajiban sebagai umat muslim yaitu berpuasa selama satu bulan penuh.

Ramadan akan berlangsung selama 29 sampai dengan 30 hari yang ditentukan berdasarkan hilal. 

Arti Ramadan sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu ramada atau ar-ramad yang memiliki arti panas yang menghanguskan atau kekeringan. 

Berikut beberapa kejadian-kejadian penting saat bulan Ramadan.

Diturunkannya Alquran

Allah SWT memilih bulan Ramadan menjadi bulan diturunkannya pertama kali wahyu yaitu Alquran kepada Nabi Muhammad SAW, pada tanggal 17 Ramadan. Nabi Muhammad mendapatkan wahyu pertamanya tersebut di sebuah gua bernama Gua Hira berupa Alquran surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5.

Hal ini dijelaskan dan diceritakan juga di dalam Alquran, Q.S. Al-Baqarah ayat 185 sebagai berikut:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Kaum Muslimin Menang Perang Badar

Perang Badar terjadi pada tanggal 17 Ramadan tahun 2 Hijriah, dan merupakan pertempuran pertama yang dilakukan kaum muslimin setelah berhijrah ke Madinah yang saat itu melawan kaum Quraisy dari Mekkah.

Hal ini di jelaskan dalam Al-Qur’an surat, Q.S. Ali Imran ayat 123 berikut ini:

وَلَقَدْ نَصَرَكُمُ اللَّهُ بِبَدْرٍ وَأَنْتُمْ أَذِلَّةٌ ۖ فَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya.

Bulan Dimana Mekkah ditaklukkan

Bulan Ramadan juga menjadi bulan di mana Mekah berhasil ditaklukan atau sering disebut peristiwa fathu Makkah. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 21 Ramadan, tahun 8 hijriyah.

Diangkatnya Nabi Muhammad SAW Menjadi Seorang Rasulullah

Selain mendepatkan wahyu berupa Al’an, pada tanggal 17 Ramadan Nabi Muhammad SAW juga diangkat menjadi seorang Rasullullah. Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun ketika ayat pertama sekaligus pengangangkatannya sebagai Rasullullah disampaikan kepadanya.

Begitulah empat arti bulan Ramadan untuk umat islam yang sebentar lagi akan tiba ditengah-tengah kita. 

Tinggalkan Balasan